Menjaga Mobil Terhindar dari Hydroplaning

Menjaga Mobil Terhindar dari Hydroplaning

Ketika musim hujan telah tiba, akan terdapat banyak genangan air hingga membuat jalan menjadi licin. Jika tidak berhati-hati serta keadaan mobil tidak baik, membuat mobil tergelincir, hilang kendali dan tidak stabil.

Masalah ini sering disebut Hydroplaning.

Budi Mahendra sebagai Executive Coordinator CSVC division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan tentang Hydroplaning pada mobil, "Hydroplaning terjadi ketika berkendara di jalanan basah, dan menyebabkan ban mengambang ketika melewati genangan air. Terburuknya dapat mengakibatkan kendaraan hilang kendali."

Budi juga menjelaskan bagaimana mengantisipasi masalah Hydroplaning, seperti yang dikutip dari Kompas.com:

Cek Kecepatan. Ketika hujan sebaiknya kecepatan maksimal kendaraan 70 kpj bisa diperhatikan kecepatan kendaraan disekitar. Dengan tujuan supaya meminimalisasi terjadinya selip pada kondisi jalan basah.

Cek Kondisi Ban. Saat masuk musim hujan, menggunakan ban yang masih bagus atau prima menjadi sangat penting. Jadi sebelum berkendara sebaiknya memeriksa kualitas kembangan ban mobil, apakah dalam keadaan baik.

Waktu membeli ban juga perlu diperhatikan, pilihlah jenis ban yang direkomendasikan untuk permukaan kering dan basah.

Cek Tekanan Angin. Pengecekan sebelum berkendara penting dilakukan, salah satunya dengan memeriksa tekanan angin pada ban, apakah sudah sesuai dengan standar tekanan angin yang ditetapkan.

Promo Daihatsu New Sirion

Informasi Pembelian Hubungi

Program Promo

SIGRA KEMERDEKAAN